espero que pueda ser feliz, aunque no con él con él
semoga saya bisa bahagia dengannya walau tak bersama dia



grafica tm

Cari Blog Ini

Laman

Rabu, 19 Januari 2011

mengapa linux di sebut open source

Banyak orang berteriak-teriak “ayo kita gunakan Linux karena ini Open Source”, namun tidak bisa menjelaskan mengapa Linux itu disebut Open Source. Sebelum mengetahui mengapa Linux disebut open source, alangkah lebih baiknya kita mengetahui Linux dan Open Source itu sendiri.
Ketika mendengar kata Linux tentu akan mengarah kepada sebuah Sistem Operasi, namun sebenarnya salah besar jika berpikiran seperti itu. Tegasnya, Linux tidak lain adalah Kernel Linux. Namun Linux adalah sebuah istilah untuk menggambarkan Linux sebagai sebuah Sistem Operasi. Sedangkan Sistem Operasi dalam Linux lebih dikenal dengan istilah Distribusi Linux. Contoh Distribusi Linux : Debian, Redhat, OpenSuse, Ubuntu, Fedora, dll.
Lalu Open Source (Sumber Terbuka) adalah istilah yang digunakan untuk software yang sumber kodenya bisa dilihat, disalin, atau dimodifikasi dengan Lisensi GNU, dan penyebaran kode sumber ini dilakukan melaui internet. Contoh software open source adalah sumatra pdf, dan anda bisa melihat kode sumbernya di sini.
Lalu alasan Linux disebut Open Source adalah bahwa kode sumber Kernel Linux bisa dilihat, disalin, atau dimodifikasi. Sedangkan dalam kasus lain, Kernel Windows yang bukan Open Source tidak bisa dilihat, disalin, ataupun di modifikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar