espero que pueda ser feliz, aunque no con él con él
semoga saya bisa bahagia dengannya walau tak bersama dia



grafica tm

Cari Blog Ini

Laman

Senin, 26 April 2010

perjalanan ke bulan

Hanya cuaca yang bisa menghalangi peluncuran Chandrayaan-I. Wahana seukuran meja makan tak berawak itu sudah cukup lama bertengger di hidung roket setinggi 50 meter dengan bobot 400 kilogram.
Selain Chandrayaan-I, roket yang memiliki trayek ke orbit polar Bumi itu total membawa 11 muatan, enam di antaranya titipan asing. Khusus Chandrayaan-I akan menyelidiki misteri-misteri yang selama ini ditunjukkan bulan kepada manusia di Bumi.
Ia juga akan mempelajari kemungkinan untuk perjalanan yang lebih jauh lagi. Dengan misinya kali ini, India akan menggabungkan diri dengan kelompok kecil beberapa negara, termasuk Jepang dan Cina, yang mampu “bermain-main di luar pekarangan” Bumi.
Misi ke bulan ini diumumkan pada 11 Mei 1999, bertepatan dengan ulang tahun pertama uji nuklirnya. Saat itu, K. Kasturirangan, sekarang Kepala ISRO, menyatakan bahwa para ilmuwannya sudah siap mengusung misi ke bulan. “Jika semua berjalan lancar, misi itu akan menjadi kenyataan pada 2008,” katanya.
Jika semua lancar pula, Chandrayaan-I akan menjadi batu loncatan bagi negeri Bollywood itu untuk memiliki wahana robotik
di bulan pada 2012, pendaratan manusia pada 2025,
bahkan menjelajah ke Mars dan
tetangganya yang lebih jauh lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar